Agenda Pengembangan Diri: To be a Book Writer and Illustrator

Pada kesempatan kali ini, saya akan menceritakan tentang agenda pengembangan diri yang telah saya susun. Sebenarnya, saya sudah pernah menyusun versi sederhananya (tentunya tidak menggunakan teori karena hanya untuk saya sendiri), akan tetapi untuk tugas mata kuliah Pengembangan Diri ini, saya memperbaikinya dan membuatnya lebih konkrit.

Terdapat suatu filosofi yang biasa digunakan untuk membuat perubahan. Perspektif tersebut biasa disebut dengan Appreciative Inquiry (AI). AI sendiri memiliki 4 siklus yakni discoverydreamdesign, dan destiny (Cooperrider, Whitney, & Stavros, 2008). Berikut ini merupakan penjelasan beserta agenda yang saya buat.

  1. Discovery

Tahapan ini meliputi proses mengenali dan menggali kekuatan-kekuatan diri. Banyak cara yang dapat digunakan dalam tahap ini, seperti melakukan refleksi diri, membuat Johari Window atau pun menjalani asesmen MBTI. Tentunya ada berbagai macam cara lain yang bisa digunakan, namun kali ini saya menggunakan Johari Window dan MBTI.

Saya telah menjalani tes sebelumnya dan saya mendapati bahwa hasil saya adalah INTJ. Setelah mempelajari MBTI lebih lanjut, saya mengetahui bahwa saya tipe yang mendapatkan energi dari diri sendiri, melihat sesuatu melalui gambaran besar, rasional, dan teratur. Saya juga orang yang cenderung kaku dengan peraturan juga kerap membuat rencana untuk setiap kegiatan yang saya jalani.

Melalui Johari Window, saya mengetahui saya memiliki kekuatan yang tidak saya ketahui sebelumnya. Di dalam area Blind (artinya saya tidak sadar bahwa saya memiliki kualitas itu), terdapat sifat teliti, rajin, dan pintar berbahasa Inggris. Hal ini menjadi pondasi saya menentukan langkah selanjutnya.

 

2. Dream

Tahapan ini meliputi proses mengenali impian dan visi ke depan tentang diri. Tentunya penentuan impian dan visi ke depan tidak lepas dari kualitas diri agar tidak asal. Perlu ada dasar yang dipunyai agar impian secara nyata dapat diraih.

Semenjak saya duduk di bangku SD, saya suka menggambar. Saat saya sedang bosan atau kesal, saya menggambar. Mulai semasa SMP, saya aktif mengikuti beberapa grup menggambar di facebook dan menemukan banyak teman sehobi di sana. Hal ini juga mendorong saya untuk terus menggambar sehingga ada banyak kemajuan, terutama dalam hal art style.

Grup menggambar juga menuntut para artist (orang yang menggambar) untuk dapat menuliskan suatu cerita, meski pun dalam bentuk sederhana. Dari situlah saya mulai sedikit demi sedikit menulis cerita. Karena grup yang saya masuki merupakan grup internasional, maka cerita yang saya tulis harus menggunakan Bahasa Inggris. Saya pun merasa enjoy dengan kegiatan menulis cerita. Sampai sekarang saya sudah membuat beberapa cerita (dalam Bahasa Inggris), salah satunya bahkan merupakan kolaborasi dengan seorang teman dan (Insya Allah) akan dicetak untuk kalangan pribadi.

Melihat hal-hal tersebut, saya pun memiliki impian untuk menulis suatu buku yang saya ilustrasikan sendiri. Saya rasa saya punya pondasi yang dibutuhkan, hanya saja saya perlu meningkatkannya lagi.

Untuk konten buku sendiri, karena saya merupakan mahasiswi Psikologi, saya ingin menulis konten yang berhubungan dengan psikologi. Terutama apabila buku tersebut dapat digunakan untuk mendorong masyarakat lebih peka terhadap pentingnya kesehatan mental di Indonesia. Saya ingin membuat buku yang bersifat handbook sederhana dan memiliki dua bahasa. Secara spesifik, saya memang belum menentukan isinya. Mungkin ada di antara Anda yang memiliki gagasan atau mungkin ajakan kolaborasi? (hehe)

3. Design

Tahapan ini meliputi pembuatan rancangan atau agenda untuk mewujudkan perubahan dan visi. Berikut ini merupakan tabel agenda yang telah saya susun untuk mencapai mimpi saya.

Tahun Agenda yang Dilakukan Indikator Keberhasilan
2017 Meningkatkan art skill

  • Lebih sering menggambar dan membuka commission

Meningkatkan writing skill

  • Membuat lebih banyak tulisan cerita dan sering update akun Wattpad
  • Menambah vocabularies dari membaca
Apabila terlihat perkembangan dari art style lama dengan yang baru.

Hasil cerita yang dibuat lebih elaborate dan deskriptif sehingga dapat lebih menarik pembaca dalam cerita. Hal ini dilihat dari feedback pembaca.

2018 Menyusun portofolio gambar dan memperkaya jumlah tulisan cerita

Lulus S-1 Psikologi

Memiliki portofolio gambar (bisa menggunakan facebooktumblr, atau deviantart) dan memiliki banyak tulisan di akun Wattpad.

Mendapat gelar dan menguasai ilmu psikologi setingkat S-1.

2019 – … Membuat cerita sederhana seputar pengetahuan psikologi dan ilustrasinya di akun media sosial sebagai upaya promosi kesehatan mental

Mencetak sebuah buku berdasarkan post dari page

  • Memiliki page sendiri tempat menampilkan cerita dan ilustrasi seputar psikologi.
  • Rajin meng-update page paling tidak seminggu sekali.

Memiliki buku karangan sendiri

4. Destiny

Tahapan ini meliputi proses memaknai agenda perubahan, juga merayakan perubahan. Tentunya saya baru bisa merasakan tahap ini setelah saya mencapai impian saya.

Sekian dari artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat dan have a nice day!

Referensi:

Cooperrider, D. L., Whitney, D. & Stavros, J. M. (2008). Appreciative Inquiry Handbook: For Leaders of Change Second Edition. US: Crown Custom Publishing Inc.

Leave a Reply

